Jumat, 07 Mei 2010

Display

BAB II
LANDASAN TEORI


2.1 Proses Penginderaan Visual

Mata adalah alat pengindera visual dalam kaitannya sebagai penyampai informasi. Dalam hal ini akan di bahas mengenai kelebihan dan keterbatasan indera kita yaitu mata serta faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan dan keterbatasan tersebut. Pengetahuan ini dapat digunakan untuk marancang suatu sistem kerja yang ergonomis, sehingga tujuan dari perancangan tersebut dapat tercapai. Proses penginderaan terjadi dengan masuknya informasi mengenai bentuk benda-benda yang kita lihat melalui kornea mata, aqueous humor, dan pupil. Informasi tersebut akan diteruskan oleh lensa mata yang mempunyai kemampuan akomodasi untuk menyesuaikan kondisi dari asal sumber informasi yang diterimanya. Kemudian retina akan menangkap citra atau informasi bentuk benda-benda yang kita lihat.
Kemampuan visual yang dimiliki oleh mata manusia yaitu sebagai berikut:
1. Akomodasi
Akomodasi adalah kemampuan lensa mata untuk menyesuaikan diri pada kondisi pencahayaan sumber informasi dengan kondisi sumber informasi yang ditangkapnya. Kemampuan untuk menyesuaikan diri secara fisis dapat dilihat pada keadaan menebal atau menipisnya lensa mata, misalnya pada saat keadaan gelap maka lensa mata akan menebal karena pencahayaan yang kurang.
2. Ketajaman pandangan (Visual Acuity )
Visual acuity adalah kemampuan mata untuk memebedakan secara cermat (objek dan peralatannya) secara jelas dan baik yang sangat tergantung pada kemampuan akomodasi mata. Kemampuan ini dipengaruhi oleh tipe dari target dan detailnya. Minimum separable acuity merupakan jarak terkecil antara target dan mata yang masih dapat dilihat dengan jelas. Untuk visual acuity biasanya digunakan ukuran dari ketajaman, minimum separable acuity sama dengan jarak terkecil antara target dan mata yang masih dapat dilihat dan dibedakan dengan jelas oleh mata kita. Visual acuity biasanya diukur dalam Visual Angle (VA), dimana mata masih bisa membedakan detail terkecil (VA diukur dalam menit derajat). Ketajaman pandangan terdiri atas perbedaan persepsi atau jarak, yang pada umumnya bertepatan dengan ketepatan kekuatan memecahkan soal yang dihadapi oleh sistem optik.
Nilai Visual acuity dapat dicari dengan menggunakan rumus :
Visual Acuity =
Visual angle =
Dimana : H = Tinggi celah objek.
D = Jarak objek dari mata.

3. Kepekaan dan kekontrasan (Contrast Sensitivity).
Kepekaan dan kekontrasan adalah kemampuan mata untuk mengenali perbedaan warna yang dimiliki oleh masing-masing objek visual. Kepekaan mata terhadap kekontrasan warna dapat menimbulkan reaksi, dimana kecepatan reaksi adalah waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan yang mendadak. Sedangkan keteliltian menunjukkan jumlah kesalahan yang dilakukan persatuan waktu. Oleh karenanya penggunaan warna dapat mempertinggi secara signifikan dalam pencarian dan identifikasi informasi pada display fisual. Tabel dibawah ini menunjukkan legibilitas dari kombinasi warna legal dengan lampu putih.
Tabel 2.1 Kombinasi Legal dengan Lampu Putih
Legibilitas Kombinasi Warna
Sangat bagus Karakter hitam dalam backround putih
Hitum diatas kuning
Bagus Kuning diatas hitam
Putih diatas hitam
Biru gelap diatas putih
Sedang Merah diatas putih
Merah diatas kuning
Jelek Hijau diatas merah
Merah diatas hijau
Orange diatas hitam
Tabel 2.1 (Lanjuatan) Kombinasi Legal dengan Lampu Putih
Legibilitas Kombinasi Warna
Orange diatas putih
Sangat jelek Hitam diatas biru
Kuning diatas putih

4. Adaptasi
Adaptasi adalah kemampuan mata untuk dapat menyesuaikan diri pada kondisi pencahayaan sumber informasi. Kemampuan ini disebabkan oleh fungsi se-sel fotoreseptor pada retina mata, yaitu sel-sel antena dan se-sel kerucut. Sel antena berfungsi pada kondisi pencahayaan rendah, sedangkan sel kerucut berfungsi pada kondisi pencahayaan tinggi.
5. Pembedaan warna
Pembedaan warna juga merupakan fungsi sel-sel fotoreseptor pada retina. Sel retina hanya mampu membedakan warna hitam dan putih, sedangkan sel kerucut mampu membedakan semua warna.
Warna mempunyai fungsi dalam menciptakan kontras warna dan menciptakan lingkungan psikologis yang optimal, penggunaan warna antara lain adalah untuk :
1. Membantu dalam mencari informasi yang dibutuhkan.
Penggunaan jenis warna sebaiknya tidak boleh lebih dari 6 jenis warna. Jika digunakan hanya satu jenis warna maka proses mencari akan lebih mudah, bila menggunakan lebih banyak warna maka akan memperlambat proses pencarian yang dilakukan, penggunaan warna lebih dari 6 jenis secara drastis bisa menurunkan kecepatan pencarian informasi.
2. Menggunakan warna untuk pengkodean.
3. Membantu mendapatkan perhatian.
4. Menunjukkan keterkaitan.
Warna yang sejenis dari tombol atau peralatan sebaiknya digunakan untuk menunjukkan kesamaan kelompok tersebut. Membaca bukan hanya aktivitas pengenalan huruf dan ketajaman visual, ia juga melibatkan gerakan mata yang kompleks yang dipengaruhi oleh karakteristik fisis. Persepsi ialah kemampuan untuk memahami informasi visual yang datang. Kecepatan persepsi meningkat dengan meningkatnya derajat cerah serta derajat kontras antara objek dan pelatarannya.



2.2 Kadar Cahaya Dan Kecerahan

Kadar cahaya (illumination intensity) didefinisikan sebagai kepadatan (density) sinar yang mengllir dari sebuah sumber cahaya. Satuan ukuran cahaya yang dipakai sebagai standar internasional ialah Candela (Cd). Sedang kan Lumen (lm) dipakai juga sebagai satuan ukuran aliran sinar, yang nilainya ekivalen dengan 0.1 Candela.Disamping itu dewasa ini satuan ukuran yang banyak dipakai untuk kadar cahaya atau banyaknya cahaya yang jatuh pada sebuah bidang ialah LUX.
1 Lux (lx) = 1 Lumen (lm) per meter pesegi.
Karena 1 lm = 0.1 Cd, maka:
1 Lux (lx) = 0.1 Candela (cd) per meter persegi.

Keceraahan merupakan ukuran dari sebuah permukaan yang memancarkan sinar atau yang memantulkan sinar dari sumber cahaya. Satuan ukuran dari kecerahan ialah Aspostilb (aasb) atau Stilb (Sb), dengan pedoman sebagai berikut:
1 Aspostilb (asb) = 0.32 Candela (Cd) per meter persegi
1 stilb (Sb) = 1000 Candela (Cd) per meter persegi

Berarti bahwa 1 Sb = 100.000 lx atau merupakan kadar cahaya dari sinar surya di tengah hari yang cerah.



2.3 Daya Pantul

Daya pantul amat erat kaitannya dengan mata karena mata merupakan alat pengindera visual dalam kaitannya sebagai penyampai informasi. manusia memiliki keterbatasan penglihatan yang akan lambat laun akan mengganggu kinerja manusia dan tentunya akan berdampak pada hasil ataupun produktifitas yang akan dikakukan oleh manusia
Kaitan antara cerah (dalam asb) dengan kadar cahaya adalah sebagai berikut Cerah dalam asb =daya pantul x kadar cahaya dalam l x Ilustrasinya : sebuah cahaya dengan kadar 100 lx menerpa dinding putih dengan daya pantul 80 %, maka dinding itu akan memilliki kecerahan 80 asb. Andaikata daya pantul (reflectivity) dari benda yang diterpa sinar itu 100 %, maka ia akan memiliki carah 100 %. Karena penginderaan visual sangat tergantung pada pencerahan bidang visualnya, maka daya pantul dari bidang–bidang pada ruang kerja menjadi penting untuk di perhatikan, sama dengan memperhatikan kekuatan sumber cahaya sendiri.Pada tabel berikut ini akan di perlihatkan kemampuan pantul beberapa jenis material.

Tabel 2.2 Daya Pantul Beberapa Jenis Material
Jenis Material Daya Pantul
Tembok putih 95
Ubin putih, kertas putih mutu tinggi 85
Barang porsellin putih 75
Kertas putih mutu sedang 75
Kuningan bersih 75
Alumunium bersi 75
Tembaga bersih 65
Pakaian putih 65
Kertas Koran 55
Beton 55
Kayu putih polos 45
Kuningan kotor 35
Tembaga kotor 25
Baja bersih 25
Besi cor atau di lapis 25
Pakaian gelap 15
Tinta cetak mutu baik 15
Kertas hitam 5







2.4 Faktor-faktor yang Mempengaruhi Visual acuity dan Contrast sensitivity

1. Tingkat Illuminasi/kebenderangan (Iluminance level).
2. Kekontrasan.
Ada dua rumus yang sangat berguna dalam mendefenisikan kontras:
Luminous Contras =
Contras Ratio =
Dimana : L max : iluminasi maksimum pada objek.
L min : iluminasi minimum pada objek.

3. Exposure Time (kecepatan persepsi).
Adalah waktu yang dibutuhkan mata antara memfokuskan penglihatan pada objek dengan persepsi visualnya. Kecepatan persepsi meningkat dengan meningkatnya derajat cerah serta derajat kontras antara objek dan peralatannya.
4. Gerakan objek.
5. Umur.
6. Latihan.


2.5 Pengetahuan Tantang Display


Yang dimaksud denagn display disini adalah bagian dari lingkungan yang memberikan informasi kepada manusia. Informasi dalam arti luas menyangkut semua rangsangan yang diterima oleh indera manusia baik langsung atau tidak langsung.
Display terbagi dua :
Display merupakan bagian dari lingkungan yang memberikan informasi kepada manusia dan rangsangan yang diterims manusia baik secara langsung maupun tidak langsung
1. Display langsung : keadaan lingkungan yang bisa langsung diterima oleh manusia. Contoh : Pengandara sepeda motor dapat langsung mengetahui kondisi jalan raya.
2. Display tidak langsung : Keadaan lingkungan yang diketahui secara tidak langsung.Contoh : Speedometer merupakan display tak langsung yang menginformasikan kecepatan laju kendaraan.

Display juga dibagi dalam dua kelas yakni :
1. Display dinamis : display yang mengalami perubahan (variable) menurut waktu. Contoh : speedometer, jam, mikroskop.
2. Display Statis : display yang tidak tergantung kepada waktu. Contoh : peta.


2.6 Sistem Manusia-Mesin


Sistem manusia-mesin bermakna sebagai adanya hubungan timbal balik antara menusia dengan mesin. Contoh nyata dalam sistem adalah bagaimana manusia memegang peranan terpenting dalam pengambilan keputusan dan petunjuk-petunjuk, sedangkan mesin akan melaksanakan apa yang telah diprogramkan manusia.Pengendalian terhadap mesin tidaklah serumit ketika dimulainya pengembangan elektronik yang lebih rumit dan menguatamakan produk akhir yang tinggi, dengan konsekuensi kebutuhan terhadap intrepretasi dan informasi.

2.6.1 Sistem Manual Manusia-Mesin
Sistem manual manusia-mesin merupakan suatu sistem, dimana menusia secara penuh berfungsi sebagai sumber tenaga dan juga sebagai pemegang penuh kendali dalam pekerjaannya. Sedangkan peralatan kerja (mesin) hanya menambah kemampuan/kapabilitas manusia dalam melaksanakan pekerjaannya. Di sini, input langsung ditransformasikan oleh manusia menjadi output. Misalnya pada pekerjaan dengan menggunakan peralatan sederhana, seperti kikir.







HUMAN






Gambar 2.1 Bagan Input-Output Manusia-Mesin dan Hubungan Manual

2.6.2 Sistem Semi Automatis Manusia-Mesin
Sistem semi automatis manusia-mesin merupakan suatu sistem, dimana mesin akan memberikan power (tenaga) dan manusia akan melaksanakan fungsi pengendalian. Misalnya pada kerja mobil. Instrumen-instrumen atau display-display dan jumlah bahan bakar tangki.
MESIN







Gambar 2.2 Bagan Input-Output Manusia-Mesin dan Hubungan Semi Automatis


2.6.3 Sistem Automatis Manusia-Mesin
Sistem automatis manusia-mesin merupakan suatu sistem, dimana mesin berfungsi sebagai penerima rangsangan dari luar dan sebagai pengendali aktivitas, sedangkan manusia berfungsi sebagai pengawas dan menjaga mesin agar tetap bekerja dengan baik, serta memasukkan data dan mengganti program-program baru.



MESIN








Gambar 2.3 Bagan Input-Output Manusia-Mesin dan Hubungan Automatis

2.6.4 Perbandingan antara Manusia-Mesin
Manusia dengan mesin merupakan suatu sistem yang saling berinteraksi, tetapi manusia dan mesin memiliki kelemahan dan keunggulan
1. Manusia
a. Gerakan lambat
b. Tenaga kecil dan terbatas.
c. Perlu dimonitor dengan mesin.
d. Bisa segala macam dengan pendekatan berbagai sudut.
e. Cara berfikirnya induktif dan lambat.
f. Kesalahan tinggi, kemampuan koreksi
2. Mesin
a. Cepat
b. Tenaga dapat diatur dengan baik, bisa besar dan tetap.
c. Standar cocok untuk pekerjaan rutin dan massal.
d. Baik untuk menyimpan dan memproduksi sesuatu yang sudah ditentukan, baik untuk jangka panjang dan juga jangka pendek.
e. Cara berfikirnya deduktif dan baik.
f. Tepat, tidak ada kemampuan koreksi.




2.6.5 Human Errors
Human errors merupakan kesalahan yang diakibatkan oleh manusia. Human errors dapat dilakukan oleh operator, supervisor, pelatih, disigner, dan lain-lain.

2.6.6 Errors of ommition
Errors of ommition merupakan kesalahan yang terjadi bila dalam mengerjakan sesuatu pekerjaan, operator gagal dalam melaksanakan satu tahap dari pekerjaan prosedur yang telah ditetapkan. Kegagalan ini mungkin dikarenakan salah, lupa, atau memang tidak mungkin untuk dilakukan. Misalnya terjadinya masalah dalam komunikasi akibat adanya gangguan, atau kesalahan pada saat menginjak rem kendaraan.

2.6.7 Errors of commition
Errors of commition merupakan kesalahan yang terjadi apabila kita mempunyai maksud tertentu tapi kita melaksanakan maksud tersebut secara salah atau berlebih-lebihan, atau kita melakukan langkah tersebut saling bertukaran satu sama lain atau suatu langkah dilakukan terlalu terlambat atau terlalu cepat.
Errors ini berkaitan dengan latihan. Karena tidak terlatih, maka ketika melaksanakan sesuatu prosedur terjadi kesalahan, atau terdapatnya instruksi/aturan-aturan yang tidak terdefenisi dengan baik, sehingga terjadi salah persepsi.

2.6.8 Errors yang berkaitan dengan kognitif
1. Slip
Slip adalah kesalahan yang diakibatkan karena adanya miss perception terhadap suatu maksud, atau dikarenakan sedang tidak memperhatikan hal tersebut sehingga menyebabkan kesalahan dalam pelaksanaan. Misalnya, apabila operator ingin menekan tombol Ctrl I pada keyboard komputer, tetapi tombol yang tertekan adalah Ctrl O sehingga terjadi kesalahan terhadap hasil yang diinginkan.

2. Mistake
Mistake merupakan suatu kesalahan dimana seseorang telah memiliki maksud yang salah, tetapi ia tetap melaksanakannya. Kesalahan ini terutama disebabkan karena ketidaktahuan, display yang salah, atau maksud yang dituju tidak jelas serta berada dalam keragu-raguan.

2.6.9 Faktor-Faktor yang Menyebabkan Errors
dalam sistem kerja faktor errors sangat diperhatikan karena berhubungan dengan produktifitas dan kualitas produk yang akan kita kerjakan
1. Kognitif
Kognitif berkaitan dengan short time memory, expectation, atensi dan lain-lain.
2. Individu
Berkaitan dengan umur (orang yang umurnya berbeda memiliki sifat-sifat terhadap errors yang berbeda), pengalaman, dan lain-lain.
3. Behavior
Berkaitan dengan prilaku seseorang dalam mengambil resiko, adanya tekanan sosial, dan lain-lain.
Cara mengurangi human errors :
a. Personal selection
b. Pemilihan personal yang tetap dalam pekerjaan
c. Training
d. Design system


2.7 Syarat-Syarat Memahami Display


Supaya dapat memahami display, maka manusia membutuhkan beberapa syarat :
1. Kemampuan visual yang memadai
Kemampuan visual sangat diperlukan oleh manusia tanpa adanya kemampuan visual yang memadahi dalam jarak tertentu dari objek manusia akan mengalami kesulitan dalam mengerjakan atau menterjemahkan informasi dan melakukan perintah bahkan dapat menimbulkan kesalahan kerja. Untuk itu kemampuan visual diperlukan dalam memahami display.
2. Penyajian informasi yang sesuai termasuk ukuran, pencahayaan dan desain dari display
Informasi-informasi akan dapat dipahami oleh manusia bila ia disajikan dalam kesesuaian yang baik. Ditinjau dari pencahayaan, ukuran dan desain. Misalnya informasi yang ada dalam sepanduk maka desain dari sepanduk harus benar-benar diperhatikan meliputi warna backgroun sepanduk, warna tulisan, ukuran sepanduk, ukuran tulisan yang digunakan dan sebagainya.
3. Keahlian manusia dan pengetahuan yang dimiliki dalam upaya pemahaman tentang display.
Manusia yang bekerja dalam suatu sistem kerja harus memiliki pengetahuan tentang alat peraga yang ada dilingkungan kerjanya. Untuk itu sebelum melakukan pekerjaan, pihak perusahaan pada umumnya memberikan pelatihan kerja terlebih dahulu.


2.8 Alat Peraga (Display) Lingkungan Kerja Berkomonikasi Terhadap Manusia


Alat peraga menyampaikan informasi kepada organ tubuh manusia dengan berbagai macam cara. Penyampaian informasi tersebut didalam “ system manusia mesin “ adalah merupakan suatu proses yang dinamis dari suatu presentasi visual indera penglihatan. Disamping itu keterandalan proses tersebut akan sangat banyak dipengaruhi oleh desain oleh alat peraganya.
Banyak desain instrumen/alat peraga/display yang tidak didasari pada suatu pengetahuan yang memadai tentang nilai fungsionalnya. Oleh karenanya pada saat ini sudah waktunya untuk mengadakan suatu pemikiran kritis yang beranjak dari prinsip-prinsip dasar ergonomi.


2.9 Perancangan untuk Alat Peraga Kuantitatif


Alat peraga kuantitaif yang konvensional adalah merupakan salah satu bentuk peralatan yang ada dibawah ini :
1. Skala tetap dengan jarum penunjuk berputar (fixed scale with moving pointer).
2. Skala berputar dengan jarum penunjuk tetap (moving scale with fixed pointer ).
3. Alat peraga numeric (Digital display).

Dua alat peraga yang pertama adalah indicator analog (analog indicators) karena posisi jarum penunjuknya analog dengan besarnya nilai yang ditunjukkan. Walaupun alat peraga kuantitatif yang konvesional, mempunyai bagian mekanis yang bergerak (jarum penunjuk, skala, atau nilai numeric). Namun teknologi modern telah membuat suatu kemungkinan baru untuk menyajikan dalam bentuk elektronik, sehingga dapat mengurangi kebutuhan untuk masalah pengadaan komponen mekanisnya.


2.10 Alat Peraga Visual Kualitatif


Pada penggunaan alat peraga untuk mendapatkan informasi kualitatif, operator biasanya lebih tertarik pada nilai approksimasi dari variable yang kontiniu seperti misalnya temperatur, tekanan, kecepatan atau pada kecenderungan pertambahan variable nilainya. Namun bagaimanapun juga dasar pemikiran untuk desain alat peraga visual kualitatif adalah pada desain kuantitatif juga.


2.11 Perancangan Dasar Secara Kuantitatif untuk Pembacaan Kualitatif


Data kuantitatif dapat dipakai sebagai dasar untuk pembacaan kualitatif dan paling sedikit ada tiga macam cara yakni :
1. Untuk menentukan status atau kondisi dari suatu variable ( misalnya apakah temperatur suatu instrumen pengukur yang terdapat pada mobil telah dingin, normal atau panas ).
2. Untuk menjaga suatu kondisi nilai tertentu ( misalnya menjaga kecepatan mobil agar tetap antara 80 dan 88 km/jam ).
3. Mengamati kecenderungan perubahan, kecepatan perubahan dan lain-lain (misalnya mencatat kecepatan perubahan untuk ketinggian dari suatu pesawat terbang ).
Dalam penggunaan kualitatif dari data yang kuantitatif, dari beberapa penelitian menggaris bawahi bahwa alat peraga yang baik untuk pembacaan kuantitatif tidak selalu baik untuk pembacaan kualitatif ( Elkin, 1959 ).
Beberapa bukti yang menunjang pernyataan diatas didapat dari suatu studi yang membandingkan antara open window, circular, dan vertical desain ( Elkin, 1959 ).


2.12 Penginderaan Jauh


Penginderaan jauh didefenisikan ilmu atau seni untuk memperoleh informasi tentang objek, daerah atau gejala, dengan jalan menganalisis data yang diperoleh dengan menggunakan alat, tanpa kontak langsung dengan objek, daerah atau gejala yang akan dikaji (Lillesand dan Kiefer, 1990). Penginderaan jauh juga merupakan upaya untuk memperoleh, mengidentifikasi dan menganalisis objek dengan sensor pada posisi pengamatan daerah kajian (Avery, 1985). Penginderaan jauh merupakan teknik yang dikembangkan untuk memperoleh dan menganalisis informasi tentang bumi. Informasi itu berbentuk radiasi elektromagnetik yang dipantulkan atau dipancarkan dari permukaan bumi (Lindgren, 1985).
Dari beberapa batasan pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa penginderaan jauh merupakan upaya memperoleh informasi tentang objek dengan menggunakan alat yang disebut “sensor” (alat peraba), tanpa kontak langsung dengan objek. Dengan kata lain dapat dinyatakan bahwa penginderaan jauh merupakan upaya untuk memperoleh data dari jarak jauh dengan menggunakan peralatan tertentu. Data yang diperoleh itu kemudian dianalisis dan dimanfaatkan untuk berbagai keperluan. Data yang diperoleh dari penginderaan jauh dapat berbentuk hasil dari variasi daya, gelombang bunyi atau energi elektromagnetik. Sebagai contoh grafimeter memperoleh data dari variasi daya tarik bumi (gravitasi), sonar pada sistem navigasi memperoleh data dari gelombang bunyi dan mata kita memperoleh data dari energi elektromagnetik.


2.13 Alat Penginderaan Jauh


Untuk melakukan penginderaan jarak jauh diperlukan alat sensor, alat pengolah data dan alat-alat lainnya sebagai pendukung. Oleh karena sensor tidak ditempatkan pada objek, maka perlu adanya wahana atau alat sebagai tempat untuk meletakkan sensor. Wahana tersebut dapat berupa balon udara, pesawat terbang, satelit atau wahana lainnya. Antara sensor, wahana, dan citra diharapkan selalu berkaitan, karena hal itu akan menentukan skala citra yang dihasilkan. Dengan menggunakan wahana seperti di atas itulah maka alat penginderaan jauh ditempatkan. Semakin tinggi letak sensor maka daerah yang terdeteksi atau yang dapat diterima oleh sensor semakin luas.
Alat sensor dalam penginderaan jauh dapat menerima informasi dalam berbagai bentuk antara lain sinar atau cahaya, gelombang bunyi dan daya elektromagnetik. Alat sensor digunakan untuk melacak, mendeteksi, dan merekam suatu objek dalam daerah jangkauan tertentu. Tiap sensor memiliki kepekaan tersendiri terhadap bagian spektrum elektromagnetik. Kemampuan sensor untuk merekam gambar terkecil disebut resolusi spasial. Semakin kecil objek yang dapat direkam oleh sensor semakin baik sensor dan semakin baik resolusi spasial pada citra.


2.14 Sistem Penginderaan Jauh


Penginderaan jauh dengan menggunakan tenaga matahari dinamakan penginderaan jauh sistem pasif. Penginderaan jauh sistem pasif menggunakan pancaran cahaya, hanya dapat beroperasi pada siang hari saat cuaca cerah. Penginderaan jauh sistem pasif yang menggunakan tenaga pancaran tenaga thermal, dapat beroperasi pada siang maupun malam hari. Citra mudah pengenalannya pada saat perbedaan suhu antara tiap objek cukup besar. Kelemahan penginderaan jauh sistem ini adalah resolusi spasialnya semakin kasar karena panjang gelombangnya semakin besar.
Penginderaan jauh dengan menggunakan sumber tenaga buatan disebut penginderaan jauh sistem aktif. Penginderaan sistem aktif sengaja dibuat dan dipancarkan dari sensor yang kemudian dipantulkan kembali ke sensor tersebut untuk direkam. Pada umumnya sistem ini menggunakan gelombang mikro, tapi dapat juga menggunakan spektrum tampak, dengan sumber tenaga buatan berupa laser.
Penginderaan jauh yang menggunakan matahari sebagai tenaga alamiah disebut penginderaan jauh sistem pasif, sedangkan yang menggunakan sumber tenaga lain (buatan) disebut penginderaan jauh sistem aktif. Tenaga elektromagnetik pada penginderaan jauh sistem pasif dan sistem aktif untuk sampai di alat sensor dipengaruhi oleh atmosfer. Atmosfer mempengaruhi tenaga elektromagnetik yaitu bersifat selektif terhadap panjang gelombang, karena itu timbul istilah “Jendela atmosfer”, yaitu bagian spektrum elektromagnetik yang dapat mencapai bumi.
Adapun jendela atmosfer yang sering digunakan dalam penginderaan jauh ialah spektrum tampak yang memiliki panjang gelombang 0,4 mikrometer hingga 0,7 mikrometer. Spektrum elektromagnetik merupakan spektrum yang sangat luas, hanya sebagian kecil saja yang dapat digunakan dalam penginderaan jauh, itulah sebabnya atmosfer disebut bersifat selektif terhadap panjang gelombang. Hal ini karena sebagian gelombang elektromagnetik mengalami hambatan, yang disebabkan oleh butir-butir yang ada di atmosfer seperti debu, uap air dan gas. Proses penghambatannya terjadi dalam bentuk serapan, pantulan dan hamburan.


2.15 Bayang-Bayang (Shadows)


Bayang-bayang yang tajam (sharp shadows) adalah akibat dari sumber cahaya buatan yang kecil atau langsung berasal dari sinar matahari. Keduanya dapat menghasilkan rasio terang yang berlebihan dalam jangkauan penglihatan, detil-detil penting yang tidak begitu jelas. Secara umum shadows digunakan untuk inspeksi misalnya menunjukkan cacat permukan.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar